Kesehatan 

3 Jenis Kelainan Tulang Belakang yang Paling Sering Diderita

Dokter spesialis tulang belakang sudah tidak asing lagi dalam dunia medis terutama dalam masalah tulang belakang. Tidak heran apabila Anda memiliki masalah tulang belakang maka berkonsultasi pada dokter ini yang paling disarankan. Namun ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu 3 jenis kelainan tulang belakang yang paling sering diderita seperti berikut.

Tulang Belakang

  1. Lordosis

Kelainan tulang belakang yang wajib untuk Anda ketahui adalah penyakit lordosis. Bagi Anda yang belum tahu, lordosis adalah kondisi tulang punggung pada bagian bawah hingga mengalami kondisi melengkung. Biasanya kondisi tersebut bisa terjadi karena bawaan lahir atau kebiasaan yang salah ketika berolahraga. Jadi bisa dibilang, ada kondisi yang bisa dihindari dan tidak.

Sedangkan untuk penyebab khususnya sendiri terdiri dari berbagai kondisi khusus. Mulai dari terjadinya achondroplasia yang merupakan gangguan pada pertumbuhan tulang. Untuk kondisi yang lebih umumnya, biasanya tidak bisa dilepaskan dari kebiasaan yang salah ketika duduk hingga berdiri. Terutama kebiasaan duduk yang salah dalam waktu yang sangat lama.

Untuk kasus lordosis sendiri terbilang masih ringan dan bisa disembuhkan dengan sendirinya. Namun cerita akan menjadi lain apabila ternyata kondisinya sudah tergolong parah. Tentunya kondisi tersebut tidak bisa didiamkan begitu saja dan membutuhkan konsultasi langsung ke dokter yang lebih ahli.

  1. Kifosis

Berikutnya adalah penyakit kifosis yang merupakan kelaianan tulang belakang yang melengkung hingga ke arah belakang. Tidak heran apabila mereka yang sudah terkena penyakit ini maka akan seperti terlihat memiliki punuk di punggungnya. Biasanya penyakit ini lebih sering menderita mereka yang sudah lanjut usia terutama para wanita yang tergolong renta.

Meski tidak membahayakan tapi akan sangat mengganggu bagi mereka yang mengalaminya. Mulai dari tubuh yang menjadi mudah terasa lelah hingga napsu makan yang menurun. Khusus untuk napsu makan yang menurun tersebut bisa disebabkan karena tulang belakang yang membengkok akan menekan perut.

  1. Skoliosis

Terakhir adalah jenis skoliosis yang membuat tulang belakang akan melengkung ke samping dengan tidak normal. Biasanya mereka yang paling sering mengalami penyakit ini adalah mereka yang tergolong masih anak-anak hingga remaja. Untuk rentan usianya sendiri bisa dari usia 10 hingga usia 15 tahun.

Penyebab dari skoliosis bisa dibilang cukup beragam dan tidak bisa disamakan untuk semua penderita. Mulai dari ada yang mengalami gangguan sistem syaraf, kelaiann genetik hingga cacat bawaan lahir. Bahkan pada beberapa kasus, ada orang yang mengalami skoliosis karena riwayat keluarganya sendiri.

Jadi apabila Anda ternyata mengalami salah satu masalah dari ketiga masalah tulang belakang tersebut atau ingin melakukan total knee replacement maka segera lakukan pengobatan. Datang langsung ke dokter spesialis tulang belakang ataupun ortopedi adalah solusi yang paling dianjurkan. Hal tersebut berguna untuk mencegah diagnosis yang salah dan memberikan penanganan yang tepat dan biaya operasi tkr yang tepat.

Related posts

Leave a Comment