Pipa AirProperti 

Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Anda Membeli Pipa Air

Pipa air merupakan bagian penting dari sebuah rumah karena air merupakan sumber kehidupan. Mulai dari saluran air untuk mandi, saluran air untuk cuci piring, hingga saluran untuk pembuangan air juga menggunakan pipa air. Dan selama kita butuh air, maka kita juga akan membutuhkan pipa air, untuk itu jika ingin membeli pipa air, sebaiknya pikirkan baik-baik dan pilih yang berkualitas agar lebih tahan lama dan juga kuat untuk dipakai dalam waktu bertahun-tahun. Ada baiknya jika anda tahu jenis-jenis pipa air terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli dan memasangnya di rumah anda.

Pipa air sendiri sangat banyak sekali jenisnya, jenis pipa air ini dibedakan berdasarkan bahan yang dipakai untuk membuatnya. Zaman dahulu, pipa air dibuat dengan menggunakan bambu, namun seiring berkembangnya teknologi bambu sudah sangat jarang digunakan sebagai pipa air kecuali di daerah pedesaan. Selain lebih rawan bocor, bambu juga tidak bisa bertahan lama seperti halnya pipa air zaman sekarang yang terbuat dari plastik atau besi. Sebelum kita mempelajari panduan dalam membeli pipa air, sebaiknya kita kenali beberapa jenis pipa yang sering kita temui di pasaran dan digunakan untuk saluran air di rumah.

Pipa Air

Jenis pipa air yang pertama adalah jenis pvc yang memiliki beberapa ketebalan tergantung kebutuhan anda. Pipa jenis ini akan cocok digunakan untuk air bersih yang dingin karena pipa jenis ini sedikit mudah rapuh jika digunakan untuk saluran air panas sekaligus dingin. Jenis pipa yang kedua adalah pipa besi dimana pipa ini sudah ada bahkan saat zaman penjajahan. Pipa yang satu ini sering digunakan untuk saluran air yang tertanam di dalam tanah. Jenis pipa lainnya adalah pipa HDPE yang biasa digunakan untuk saluran air minum. Banyak perusahaan air minum yang menggunakan pipa jenis ini untuk menyalurkan air bersih dari sumber mata air untuk dijadikan air minum. Setelah mengetahui jenis-jenis pipa air, sekarang kita pelajari panduan apa saja yang bisa digunakan dalam hal memilih dan membeli pipa air.

Panduan yang pertama yaitu mengetahui berbagai sambungan untuk pipa air. Sambungan yang dipakai dibedakan berdasarkan jenis pipa air yang digunakan. Jika anda menggunakan pipa air besi, maka sambungannya juga harus terbuat dari besi, begitu pula dengan jenis pipa lainnya. Berikut adalah beberapa jenis sambungan yang biasa dipakai untuk menyambungkan pipa air. Ada Elbow yang digunakan untuk menyambungkan pipa yang memiliki arah 90 derajat, lalu ada juga flock shocks yang digunakan untuk menyambung dua buah pipa yang diameternya sama. Ada lagi istilah reducer shoket yang kali ini digunakan untuk menyambungkan dua buah pipa yang memiliki diameter berbeda. Penyambung lainnya yaitu tee yang digunakan untuk menyambung 3 buah pipa sekaligus. Sedangkan yang terakhir ada valve shoket yang digunakan untuk menyambungkan pipa yang memiliki drat dari dalam.

Selain mengetahui jenis-jenis pipa dan juga sambungannya, panduan lain yang perlu anda ketahui jika membeli pipa air adalah kualitasnya. Untuk mendapatkan pipa yang berkualitas, anda bisa memilih beberapa merek pipa terkenal yang sudah dikenal diakui kualitasnya. Tentu saja panduan lainnya adalah mengetahui kebutuhan anda akan pipa air. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa setiap jenis pipa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah pipa yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

Related posts

Leave a Comment