Tips Agar Cepat Hamil Setelah KB

Salah satu program pemerintah adalah setiap keluarga memiliki 2 anak, selait itu beberapa keluarga memang sepakat dengan hal ini dengan berbagai macam alasan, dan salah satu cara untuk memiliki 2 anak adalah dengan menggunakan program KB (keluarga berencana).

Masa Subur Wanita HarvestSupplement

Menggunakan suntik KB memang cara yang cukup efektif untuk menunda kehamilan, KB dengan suntik sendiri adalah alat kontrasepsi dengan menggunakan injeksi, didalamnya terdapat zat hormon yang kemampuan pelepasannya cukup lamban di dalam darah, sebanding dengan kemampuan pelepasannya ke dalam darah, begitu juga untuk menghilangkan perngaruhnya juga akan lambat.

Biasanya setelah melakukan suntik KB ovulasi akan kembali normal setelah 3 bulan sampai pengaruh dari suntik Kb tersebut bersih, namun bagi beberapa wanita bersihnya pengaruh sunktik KB ini berbeda-beda, ada yang 5-8 bulan bahkan ada yang perlu menunggu sampai 2 tahun.

Sebenarnya ada beberapa cara agar cepat hamil lagi, diantaranya adalah :

Ovulasi

Ovulasi akan lebih mudah dicek apabila siklus menstruasi sudah teratur, salah satunya adalah dengan memperhatikan masa subur wanita, atau cara yang paling mudah dengan menggunakan alat tes ovulasi strip test.

Kesuburan Suami

Selain memperhatikan keseuburan dari wanitanya, kesuburan suami juga tidak kalah penting, kesuburan suami bisa dilihat dari kualitas spermanya. Untuk menganalisa sperma sendiri Anda bisa melakukan cek langsung ke dokter spesialis.

Hindari Stress

Stress sangat berpengaruh terhadap keseimbangan hormon, oleh karena itu agar hormon seimbang maka hindari hal-hal yang membuat stress, jika hormon sudah cukup seimbang maka kesuburan wanita akan normal kembail. Wanita dengan hormon yang tidak seimbang akan membuat siklus menstruasi tidak teratur, sehingga kesuburan juga akan terkena imbasnya.

Frekuensi Berhubungan

Frekuensi berhubungan suami istri agaknya juga perlu diperhatikan, jumlah yang cukup ideal perminggunya adalah 3-4 kali, dan sebaiknya dilakukan selama masa subur agar kemungkinan hamil jadi lebih tinggi, semakin tinggu frekuensi berhubungan maka tingkat kehamilan juga semakin besar.

Jaga Kesehatan Tubuh

Tubuh yang sehat dan bugar bisa Anda dapatkan dengan melakukan olahraga ataupun kegiatan fisik secara teratur dengan begini kondisi tubuh akan selalu fit, selain itu asupan gizi yang seimbang juga akan mempengaruhi tubuh.

Mengonsumsi Suplemen Penyubur

Anda juga bisa menambahkan suplemen penyubur kandungan, tapi sebelum mengonsumsi suplemen penyubur kandungan ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Memakan Makanan Sehat

Pola makanan sebaiknya juga diperhatikan jika Anda ingin lebih cepat hamil setelah KB, ada beberapa makanan yang harus dihindari agar cepat hamil, selain itu ada pula makanan yang bagus dikonsumsi agar wanita menjadi lebih subur.

Kesimpulan,,,

Untuk menormalkan kesuburan wanita setelah KB memang memerlukan waktu yang cukup, terutama pada KB jenis Hormonal, karena KB jenis hormonal akan mempengaruhi hormon ekstrogen dan progesteron agar berhenti menghasilkan telur pada ovariumnya, akibatnya sperma menjadi sulit untuk amsuk ke dalam rahim, hal inilah yang menyebabkan sulitnya pembuahan setelah KB.

Selain itu selama pemakaian KB ada baiknya lakukan istirahat sesekali, karena pada program KB, kalenjer endokrin yang berfungsi sebagai penghasil hormon akan di tekan terus-menerus, sehingga hormon ekstrogen dan progesteron berhenti menghasil kan telur ovarium, fase istirahat ini bisa dilakukan dengan cara melepas alat KB sekitar 1-2 bulan, selama masa ini Anda bisa menggunakan alat KB yang tidak mempengaruhi hormon, contohnya seperti kondom atau spiral.

Semoga artikel mengenai Tips cepat hamil setelah KB diatas dapat bermanfaat untuk Anda